Kamis, 16 Agustus 2012

Model Pembelajaran Partisifatif dan Kontekstual

Konsep Pembelajaran Partisifatif
  • Perencanaan Program (Program Planning)
  • Pelaksanaan Program (Program Implementation)
  • Penilaian Program (Program Evaluation)
Ciri-Ciri Pembelajaran Partisifatif
  • Pendidik berkedudukan yang tidak serba mengetahui terhadap semua bahan belajar
  • Pendidik berperan membantu peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran
  • Pendidik memberikan motivasi terhadap peserta didik
  • Pendidik sekaligus menempatkan dirinya sebagai peserta didik
  • Pendidik beserta peserta didik melakukan kegiatan saling belajar
  • Pendidik membantu peserta didik menciptakan situasi yang kondusif
  • Pendidik mengembangkan kegiatan pembelajaran berkelompok
  • Pendidik mendorong peserta didik untuk meningkatkan semangat berprestasi
  • Pendidik mendorong dan membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dari kehidupan peserta didik
Peran Pendidikan Dalam Pembelajaran Partisifatif
Sebagai pembimbing dan pendorong bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran
Konsep Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
  • Belajar dilihat dari proses
  • Transfer belajar
  • Lingkungan belajar
  • Upaya pendidik menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata peserta didik
  • Berlangsung alamiah
Komponen Pembelajaran Kontekstual
  • Konstruktivisme
  • Pencarian (Inquiry)
  • Bertanya (Questioning)
  • Masyarakat belajar (Learning Community)
  • Permodelan (Modeling)
  • Refleksi (Reflection)
  • Penilaian yang sebenarnya (Authentic Assessment)
Perbedaan Pembelajaran Kontekstual Dengan Pembelajaran Konvensional
  • Kontekstual bersifat student centered
  • Konvensional bersifat teacher centered
Sumber : www.nesaci.com

0 komentar:

Posting Komentar